Setting Class Ground Rules (Menetapkan
Aturan Kelas)
Dapatkan
sejumlah kecil sukarelawan yang bertugas sebagai pewawancara,Selama
10-15 menit pewawancara mengelilingi seluruh kelas untuk mengadakan kontak
dengan siswa lain selama kurun waktu yang telah diberikan.
3.
Lalu
mintalah para pewawancara melaporkan penemuan-penemuan mereka
4. Guru
mendengarkan pendapat-pendapat dari siswa untuk membuat sejumlah aturan dasar dan
menganalisis penemuan dengan mencari tumpang tindih daftar dan mengonsolidasi
daftar
Materi yang bisa diterapkan Mapel PKn
materi membuat tata tertib.
Teknik True or False
Prosedur:
1.
Guru
membuat pernyataan isi dan pernyataan tersebut benar dan salah
2. Guru
membagi siswa tersebut sesuai dengan jumlah siswa.
3.
Siswa
diminta untuk menentukan kertas yang diterimanya itu benar atau salah
4. Kemudia
membentuk kelompok besar yang terdiri dari kelompok benar dan salah
Kemudian
pernyataan yang dibawa dibacakan apakah benar siswa tersebut termasuk dalam
kelompok benar salah
College Ball (Permainan Bola Guling)
Prosedurnya:
Kelompokkan
peserta didik ke dalam tim yang terdiri dari 3 atau 4 orang. Masing-masing tim
dimohon memilih nama misalnya sebuah tim sepak bola nasional.
Berilah
setiap peserta didik kartu indeks. Peserta didik memegang kartunya untuk
menunjukkan bahwa mereka menginginkan kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan.
Format permainan adalah undian: setiap kelompok menyampaikan pertanyaan, setiap
anggota tim dapat menunjukkan keinginan untuk menjawab.
Keterangan : Dalam
hal ini, peserta didik dapat juga menyampaikan sebuah pertanyaan untuk dijawab
anggota tim yang lain namun untuk taraf siswa SD lebih baik guru yang
menyampaikan pertanyaannya agar pembelajaran lebih terarah.
3.
Jelaskan
aturan-aturan berikut ini:
a. Untuk
menjawab pertanyaan angkat kartumu
b. Kamu
dapat mengangkat kartumu sebelum pertanyaan secara penuh disampaikan jika kamu
merasa mengetahui jawabannya.
4. Untuk
setiap respon anggota yang benar, akan diberikan skor satu point dan dituliskan
pada papan tulis. Ketika seseorang menjawab dengan salah, tim yang lain dapat
menjawabnya (mereka dapat mendengarkan seluruh pertanyaan jika tim lain
menginterupsi bacaan)
5.
Setelah
semua pertanyaan dilontarkan, hitunglah skor keseluruhan dan umumkan
pemenangnya.
6.
Berdasarkan
respon atas permainan, lakukan peninjauan ulang materi yang tidak jelas atau
yang memerlukan penguatan kembali.
The Great Wind Blows
Prosedure
1.
Aturlah
sebuah lingkaran kursi
2. Beritahukanlah
kepada siswa, jika mereka sepakat dengan pernyataan anda, maka mereka harus
pindah kursi
3.
Berdiri
ditengah-tengah lingkaran kursi dan katakana : “Nama saya …… dan The Great Wind
Blows bagi setiap orang …..”. Pilihlah
sebuah akhir/tujuan yang mengikuti akan diterapkan kepada hampir setiap orang
dikelas, seperti “menyukai mobil”.
4. JIka
ada orang yang menyukainya maka dia berdiri dan berlari ke kursi lain yang
kosong. Siswa yang tidak mempunyai tempat duduk dia yang akan menggantikan kamu
di tengah lingkaran.Lalu
siswa tersebut akan melakukan hal yang sama seperti yang anda lakukan.
Mainkan
permainan tersebut sesering mungkin.
0 komentar:
Posting Komentar